Main Menu

Monday, 7 January 2013

Tempat Keajaiban Dunia yang Tersembunyi

Ketika berbicara tentang keajaiban dunia, pasti anda sudah mengerti tempat-tempat mana yang menjadi keajaiban dunia tersebut. Namun, ketauhilah di dunia masih banyak keajaiban dunia lainnya yang belum banyak orang tahu akan keberadaanya. Padahal keajaiban dunia tersebut tidak kalah indah dengan keajaiban dunia yang beberapa bulan yang lalu telah diresmikan.

Seperti yang dikutip oleh Bootsnall, keajaiban dunia di bawah ini belum banyak wisatawan dunia yang mengetahuinya. Seperti halnya keajaiban dunia pada umumnya, tempat-tempat berikut ini pun juga memiliki fenomena yang mengagumkan bagi setiap wisatawan yang mengunjunginya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tempat-tempat keajaiban dunia yang tersembunyi :

1. Pulau Bu Tinah, Uni Emirat Arab



Selain kepulauan Maladewa dan Glapagos, kepulauan kecil di Uni Emirat Arab ini juga kaya spesies-spesies laut yang beragam. Setidaknya ada 16 spesies koral di perairan Bu Tinah yang dapat hidup di tingkat suhu dan salinitas yang dapat membunuh di bagian lain dunia. Perairan dangkal penuh rumput laut ini juga rumah bagi sekira 600 dugong yang terancam punah, juga penyu sisik yang sudah sangat langka. Kombinasi lokasi Bu Tinah yang terdiri dari dimensi dataran rendah yang hanya mencapai 2-3 meter di atas permukaan laut memudahkan para ilmuwan meneliti perubahan iklm. Bu Tinah saat ini berjuang mendapatkan pengakuan dunia agar mendapat perlindungan bagi hewan-hewan dan ekosistem yang terancam punah.

2. Sundarbans, Bangladesh dan India


Sundarbans adalah hutan bakau terbesar di dunia. Hutan cantik seluas 4110 kilometer persegi ini dilalui aliran sungai yang menciptakan pantai, muara, rawa, bukit pasir dan tanggul. Sundarbans menjadi rumah bagi 150 spesies ikan, 270 spesies burung, 42 mamalia, 35 reptil, dan 8 spesies amfibi. Satu-satunya cara mengeksplorasi hutan mangrove ini adalah dengan menggunakan kapal, baik kapal lokal maupun kapal wisata mewah tersedia untuk menjelajahi Sundarbans. Titik awal menjelajahi Sundarbans adalah dari sebuah kota bernama Hiron di Bangladesh, kemudian ke India, menuju kota Kalkuta. Sundarbans juga sedang dalam proses pengakuan dunia agar mendapat perlindungan penuh dari pemerintah. Hutan bakau ini menjadi tempat hewan-hewan langka seperti buaya muara, lumba-lumba air tawar dan juga Harimau Bengal, yang populasinya tinggal 270 ekor.

3. Jeita Grotto, Lebanon


Jeita Grotto adalah kompleks gua terpanjang di Timur Tengah, juga terindah karena formasi kristalisasi batu kapur di dalamnya. Jeita terletak lima kilometer dari garis pantai Mediterania dan 18 kilometer dari Ibu Kota Lebanon, Beirut. Kompleks ini terbagi dalam dua level. Level rendah memiliki panjang 6.200 meter dan dialiri sungai yang menjadi sumber air bagi warga Beirut. Sedangkan di level yang lebih tinggi, 60 meter di atasnya, memiliki panjang 8.330 meter dan terkenal dengan stalaktit, stalagmit, jamur, dan pilar-pilarnya yang menakjubkan. Kedua level gua ini dapat diakses dengan tur selama dua jam menggunakan perahu. Di gua ini terdapat stalaktit terpanjang di dunia, sepanjang 8,2 meter.

4. Lumpur Volkano, Azerbaijan


Fenomena Lumpur Volkano terbentuk ketika lumpur dingin, gas, dan air yang berada di bawah kulit bumi dipaksa keluar ke gundukan yang berbentuk kerucut di permukaan bumi. Dari 700 lumpur volkano yang ada di bumi, 400 diantaranya terdapat di garis Pantai Kaspia di Azerbaijan, dimana tinggi lumpur volkano ini bisa mencapai empat meter, dan besarnya bisa mencapai 700 meter. Meskipun lumpur volkano ini sempat meledak pada 2001 dan menembakkan lumpur panasnya kemana-mana, kini fenomena ini aman dilihat dari jarak cukup jauh. Bahkan lumpur yang cukup dingin di sekitarnya dipercaya berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

5. Sungai Bawah Tanah Puerto Princessa, Filipina


Sungai bawah tanah Puerto Princessa mengalir melalui gua penuh stalaktit dan stalagmit sebelum berakhir di Laut China Selatan. Sungai ini juga menyokong kehidupan di Hutan Palawan Moist, yang diklaim memiliki ekosistem pohon dan bunga paling beragam di Asia. Sungai sepanjang 8,2 kilometer ini mengalir dari pegunungan menuju laut melewati 8 tipe hutan. hutan-hutan ini merupakan rumah bagi 800 spesies tanaman dan setidaknya 295 spesies pohon. Meskipun bukan sungai bawah tanah terpanjang di dunia, Puerto Princesa adalah sungai bawah tanah terpanjang yang dapat diakses. Sungai terletak 50 kilometer sebelah utara kota Puerto Princesa di Palawan, Filipina.

Sungguh mengagumkan bukan temapt-tempat keajaiban dunia di atas. Sayangnya masih banyak orang belum mengetahui tempat-tempat indah itu. Jika anda tertarik untuk mencari tempat berlibur baru yang lain dari biasanya, anda bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut yang djamin anda akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak terlupakan. Sekian dari saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua dan tentunya tidak lupa saya ucapkan terima kasih banyak.

0 comments:

RAhmad Ariansyah. Powered by Blogger.